Langsung ke konten utama

Unggulan

KECERDASAN SPIRITUAL, INTELEKTUAL, EMOSIONAL DA'I DALAM AKTIVITAS DAKWAH

 Penulis: Drs. Maimun Yusuf, M.Ag




Para Nabi dan Rasul sepakat, dakwah dilaksanakan senantiasa untuk mentauhidkan Allah SWT dan memerangi kekufuran dan syirik, tunduk dan patch terhadap perintah Allah dan Rasul-Nya serta mencegah umat manusia dari berbagai hal yang di haramkan Allah SWT. Semuanya ini adalah kepada Allah.

Rasulullah SAW semenjak diangkat menjadi Rasul sudah bekerja keras melaksanakan dakwah. Tentu bukan hal yang mudah menghadapi orang-orang musyrik Mekkah waktu itu. Bangsa Arab terkuat sebelum Islam hidup, berkabilah-kabilah dan tidak tunduk pada suatu aturan. Tradisi jahiliyah lebih menonjol, patriotisme suku dan kabilah sangat kuat. Namun Rasulullah SAW dalam tugas dakwah ini lebih mengedepankan pendekatan akhlak mulia.

Modal yang paling utama dalam dakwah adalah sebuah kejujuran contoh tauladan yang baik. Bukankah hal ini sudah ditunjukkan semenjak kecil, sehingga beliau bergelar Al-Amin (terpercaya). Tidak ada seorangpun dan Bangsa Quraisy yang tidak percaya bahwa Muhammad itu jujur dan amanah.

Ketika dakwah dideklarasikan secara terang-terangan di bukit shafa, sebahagian besar membenarkan perkataan dan ajakan Muhammad, kendatipun ada di antara yang hadir menentang dakwah beliau, yaitu pamannya sendiri Abi Lahab.

Oleh karena itu buku yang saya tulis ini sangat sederhana, mengisahkan keadaan bangsa Arab sebelum Islam, adat istiadat, kepercayaan mereka waktu itu. Setelah itu periodesasi dakwah Rasul di Mekkah dan Madinah dan bagaimana hikmah yang diperlihatkan Rasulullah ketika terjadinya perjanjian Hudaibiyah dan putuhat (penaklukan) Mekkah. Kiranya para da'i dalam memenuhi kewajiban dakwah, tidak boleh tidak, harus mengedepankan akhlak mulia dan contoh teladan yang baik. Di samping itu da'i harus memiliki ilmu dan Bashirah, karna setiap dakwah tanpa ilmu pasti akan mengalami penyimpangan dan kesesatan. Karena itu ilmu yang di maksud di sini bersumber pada Kitabullah dan sunnah Rasulullah. 


Kecerdasan Spiritual, Intelektual, Emosional Da'i Dalam Aktivitas Dakwah
Maimun Yusuf
Manggar Pustaka, Yogyakarta
14,5 x 20 cm; Halaman 136 + viii
Cetakan Pertama, Maret 2022
ISBN : 978-602-72760-2-4
Penulis : Drs. Maimun Yusuf, M.Ag
Layout/Setting : Tim Citra Kreasi Utama
Desain Sampul : Alwahidi Ilyas

Komentar

Postingan Populer